SERVICE UNIT OF THE SOCIO HUMANIORA COURSES

SILABUS KURIKULUM/COURSE SYLLABUS

 

MATA KULIAH/ COURSE TITLE

IG 091306: KEWARGANEGARAAN

IG 091306: CITIZENSHIP

 

Credits: 2

Semester: 1/2/3/4/5/6/7/8

 

TUJUAN PEMBELAJARAN/ LEARNING OBJECTIVES

Membantu mahasiswa mengembangkan potensinya untuk menguasasi ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kewarganegaraan dan nilai-nilai yang diperlukan dalam rangka penerapan ilmu, profesi dan keahliannya serta berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dari komuniti setempat, bangsa dan dunia.. Menjadi warga Negara yang cerdas, demokratik dan berkeadaban, dan bertanggung jawab, menggalang kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi, yang efektif mencakup: Pemahaman dasar tentang cara kerja demokrasi dan lembaga-lemabaganya. Pemahaman tentang “rule of law” dan HAM seperti tercermin dalam rumusan-rumusan perjanjian dan kesepakatan internasional dan local. Penguatan ketrampilan partisipatif yang akan memberdayakan peserta didik untuk merespons dan memecahkan masalah-masalah masyarakat secara demokratis. Pengembangan budaya demokrasi dan perdamaian pada lembaga-lembaga pendidikan dan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

 

To help the students to develop their potencies in mastering sciences skills, and citizenship attitudes and values. Which are required in the applications / implementations of sciences, profession and proficiency, and also to participate in the local communities, nation and world., to help the students to be intelligent, democratic and civilized citizen, and to be citizens having respon sibilities, and capabilities in mobilizing the abilities, of national competitiveness in the globalization era that effectively cover:. Basic understanding with the working law/way of democracy and its institutions.. Understanding with the rule of low and human rights , such as they are reflected in the formula of agreements, and also in the local and international accords.. Improving participative skills which will strengthen participants to respond and solve social problems democratically.. Improving democratic and peaceful cultures in the institutions of education and all aspects of social life.

 

KOMPETENSI/ COMPETENCY

 

·       Menjadi ilmuwan dan professional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis yang berkeadaban

·       menjadi warga Negara yang memiliki daya saing; berdisiplin; dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.

 

·       To become scientists and professionals having nationalism and patriotism spirits, democratic and civilized citizens ; 

·       To become citizens having competitive powers, and disciplines, and taking part actively in the development of peaceful life based on the system of Pancasila values.

 

POKOK BAHASAN/ SUBJECTS

·       Filsafat  Pancasila

·       Identitas Nasional

·       Hak dan Kewajiban warga negara

·       Negara dan Sistem Konstitusi

·       Demokrasi di Indonesia

 

 

·       The Philoshophy of Pancasila

·       National identity

·       Citizen’s rights and obligation

·       State and system of constitution

·       Democracy in Indonesia

 

PUSTAKA UTAMA/ REFERENCES

  • Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, (Indonesian Geostrategy) Jakarta, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
  • Azyumardi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekonstruksi dan Demokratisasi, (A new Paradigm of National Education and reconstruction and Democratization) Penerbit Kompas, Jakarta, 2002
  • Bahar, Dr. Saefrodin, Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia,  (State Context on Human Rights) Pustaka Sinar Harapan,  Jakarta, 2000.
  • Cassesse, Antonio, Human Right In a Change Word, Hak-Hak Asasi Manusia Di dunia Yang Berubah (terjemahan R.Zainudin),  Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1994.
  • Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, (CitizenshipEducation) UGM Press, Yogyakarta 2005.